Mengayuh Sepeda Demi Mencerdaskan Warga


Ulik Muslikah, ibu rumah tangga yang dulu ber profesi sebagai waratawan dari Desa Babadan Kec. Wlingi Kab. Blitar adalah seorang aktifis yang gigih dalam aktifitas sosial. Di sela sela kegiatannya sebagai ibu rumah tangga dan pengusaha laundry, setiap hari Ulik Muslika mengayuh sepeda beserta anaknya sambil membawa beberapa buku untuk di pinjamkan kepada warga sekitar sambil momong anaknya yg masih usia balita. Perpustakaan sepeda keliling ini ia jalankan pada waktu sore hari setelah kegiatannya sebagai pengusaha laundry dan ibu rumah tangga selesai.

Berikut adalah foto foto kegiatan ulik muslikah dalam mencerdaskan warganya :

ulik 2

Ulik beserta anaknya berkliling sambil mmbawa buku di kranjang spedanya

ulik 1

Beberapa buku bacaan dan cerita koleksi ulik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ibu ibu melakukan kagiatan membacakan crita kepada anaknya

Ibu-ibu melakukan kagiatan membacakan crita kepada anaknya

bberapa remaja dan ibu ibu antusias untuk membaca buku yg mereka pinjam

Neberapa remaja dan ibu ibu antusias untuk membaca buku yg mereka pinjam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ulik Muslikah meminjamkan buku koleksinya untuk warga sekitar dan anak-anak. Beberapa buku yang dibawanya keliling itu merupakan sumbangan dari teman temanya, sebagian diantaranya ada beberapa buku cerita untuk anak anak. Selain mengelola sirkulasi buku keliling tersebut, Ulik muslikah juga melakukan penyuluhan kepada ibu ibu, untuk membiasakan membacakan buku pada buah hatinya.

Ide menjalankan perpustakaan sepeda keliling ini datang dari rasa keprihatinan kepada warganya yang minim akan pengetahuan dan akses untuk pinjam buku. Selain itu, terhadap pembelajaran parenting, Ulik melihat banyak warga yang belum sadar akan praktek dan teori-teori parenting yang baik. Dalam hal literasi, kenyataannya kecil sekali jumlah orang tua yang sadar untuk mau membacakan buku cerita pada anaknya yang berusia 0 – 5.

Anda mungin saja tidak bisa meniru persis apa yang dilakukan oleh Ulik ini, tapi jika anda memiliki koleksi buku anak, anda bisa mencoba membaginya (meminjamkannya) pada keluarga dan tetangga sekitar anda. Tentu saja sambil menyebarkan kesadaran pada para orang tua untuk membacakan buku pada anak balitanya.

 

semoga kisah ini menjadi inspirasi untuk Membangun generasi bangsa yang cinta baca dan cinta ilmu, salam book start indonesia.