Pendekatan baru Bookstart Indonesia: Fun Story Reading @ Perpusda Kediri


Acara ini adalah program kerja perdana Bookstart Indonesia yang bekerjasama dengan Perpustakaan Daerah (Perpusda). Acara yang bertajuk Fun Story Reading ini, juga merupakan kampanye Bookstart Indonesia untuk memasukkan story reading sebagai salah satu aktivitas pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-Kanak (TK). Acara tersebut bekerjasama dengan Perpusda Kabupaten Kediri, dan PAUD Kusuma Mulia, Desa Gadungan, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri.

Acara bertempat di Perpusda Kabupaten Kediri, di kecamatan Pare, Sabtu 30 Mei 2015. Pukul 09.00 acara dibuka oleh Ibu Fitri selaku pembawa acara yang sekaligus merupakan salah satu guru dari PAUD Kusuma Mulia. Setelah itu, dilanjutkan sambutan dari Kepala Perpusda Kabupaten Kediri, Viktor Yuditara. Pada kesempatan tersebut, Kepala Perpusda menyampaikan himbauan kepada masyarakat, untuk tidak segan-segan mengunjungi perpustakaan.Ia menambahkan dalam sambutannya, bahwa saat ini mudah sekali menjadi anggota perpusda. Hanya dengan berbekal KTP asli Kabupaten Kediri, masyarakat bisa menjadi anggota perpustakaan daerah. Perpusda Kabupaten Kediri juga sudah dilengkapi dengan area khusus anak-anak, dimana didalamnya menyimpan koleksi buku buku anak yang menarik.

Penyerahan starter buku untuk TK Kusuma Mulya Gadungan

Penyerahan starter buku dari Bookstart Indonesia & Perpusda Kediri untuk TK Kusuma Mulya Gadungan

Pemaparan gerakan penanaman cinta baca pada orang tua anak-anak TK Kusuma Mulya

Pemaparan gerakan penanaman cinta baca Bookstart pada orang tua anak-anak TK Kusuma Mulya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sebelum menginjak perkenalan dan paparan dari Bookstart Indonesia, Bu Fitri selaku guru dari PAUD Kusuma Mulia menyatakan akan mulai mencoba membacakan buku kepada anak didiknya minimal seminggu sekali. Sebagai bentuk dukungan, Bookstart Indonesia menyerahkan bantuan koleksi buku anak, sebanyak kurang lebih 25 judul buku, sebagai starter. Sekitar 20 orang siswa didampingi orang tua masing-masing hadir dalam acara tersebut.

Acara dilanjutkan dengan paparan dari Bookstart Indonesia, yang pada kesempatan itu diwakili oleh Ahmad Mughni, salah satu Director Board Bookstart Indonesia. Dalam paparan tersebut, ia mengajak ibu-ibu untuk tidak bosan-bosan membacakan buku cerita buat anak mereka. Ahmad Mughni juga menjelaskan bahwa, membacakan buku cerita pada anak sangat besar manfaatnya. Beberapa di antaranya adalah; mengasah imajinasi dan kreatifitas anak, memperluas kemampuan konsentrasi dan fokus anak serta mempererat hubungan orangtua dan anak.

Selain pemaparan manfaat membaca, juga menjelaskan sekilas tentang Bookstart Indonesia, mulai dari apa itu Bookstart Indonesia, program Kerjanya, sasaran gerakannya, latar belakang lembaga, dan tujuan lembaga tersebut. Bookstart Indonesia juga sekilas menapaktilasi kegiatan-kegiatan serupa yang telah dilakukan di kota-kota lain.

Sesi reading story yang bisa membuat anak-anak bersemangat

Sesi reading story yang bisa membuat anak-anak bersemangat

Wajah-wajah yang tambah antusias mendengarkan cerita dari Kak-Fendi

Wajah-wajah yang tambah antusias mendengarkan cerita dari Kak-Fendi

Saking semangatnya mendengarkan sebuah buku dibacakan mereka pun sampai berdiri

Saking semangatnya mendengarkan sebuah buku dibacakan mereka pun sampai berdiri

Setiap acara Bookstart Indonesia, selalu ada demonstrasi teknik bercerita pada anak. Pada acara kali ini, Mohammad Efendi, selaku relawan sahabat Bookstart Indonesia mendapat kesempatan menyapa anak-anak melalui cerita. Bisa dipastikan 20 anak ini menyimak dengan serius cerita yang disampaikan oleh Kak Fendi, sapaan akrabnya. Anak-anak yang awalnya mulai mengantuk, berangsur-angsur menjadi bersemangat dan sangat antusias di akhir sesi. Mereka bahkan tak malu-malu untuk secara interaktif menjawab dan mengomentari cerita yang sedang dibacakan. Acara diakhiri dengan sesi sharing dan tanya jawab dengan ibu-ibu. Dalam sharing ini juga dibuka kesempatan kepada masyarakat untuk bertanya-tanya seputar Perpustakaan daerah.

Kerja bareng Bookstart dan Perpusda Kediri – yang dikemas dalam acara Fun Story Reading – ini adalah model terbaru pendekatan bookstart Indonesia dalam membangun gerakan cinta baca pada anak-anak sejak usia dini. Acara ini akan menjadi acara reguler yang dilaksanakan sebulan sekali di Perpusda Kab. Kediri. Diharapkan dengan acara ini kita bisa memperkenalkan gerakan menanamkan cinta baca sejak dini dengan reading outloud, secara lebih masif melalui Orangtua, Perpusda, TK dan PAUD. Acara Fun Story Reading ini akan menjadi flagship program dari bookstart Indonesia. Model ini akan dikembangkan pula untuk kota-kota lain di Indonesia.

Selamat berjumpa di acara Bookstart Indonesia yang lain, nantikan kami menyapa kota anda.