Sumber Pendanaan


Pendanaan Bookstart Indonesia dikelola secara terpusat untuk menjalankan kegiatan di seluruh wilayah Indonesia.

Program nasional ini dikelola oleh lembaga sosial independen. Meskipun gerakan ini dirintis dan dijalankan secara swadaya oleh para pendiri dan penggerak gagasan ini. Saat ini sedang diusahakan untuk terbentuknya skema kerja sama public/private dengan berbagai pihak (melibatkan instansi pemerintah terkait, BUMN, perusahaan swasta melalui skema PKBL-CSR) maupun donasi Individu.


Nilai investasi sosial

Mengacu pada model di Inggris Raya (United Kingdom), Skema Bookstart merupakan contoh yang sangat bagus dari inovasi kerjasama public/private. Dengan sedikit porsi dari pendanaan pemerintah, diperoleh dukungan pendanaan yang sangat besar dari sektor swasta. Sebuah studi yang menelaah Social Return on Investment pada tahun 2010 menemukan bahwa tiap 1 poundsterling yang diinvestasikan oleh negara pada program Bookstart, dihasilkan sebesar £25 (25 poundsterling) nilai manfaat yang diperoleh.

Selain dari instansi pemerintah, perusahaan swasta dan BUMN, dukungan yang luar biasa juga diharapkan datang dari para penerbit, pengarang dan ilustrator buku anak-anak.