Sistem Kerja


Bookstart Indonesia didanai secara swadaya dan kerjasama

Program-program bookstart di Indonesia dikelola oleh bookstrat Indonesia. Sebuah badan sosial idependen berskala nasional yang mendorong orang tua untuk membangun jiwa cinta buku pada putra-putrinya sejak dini.

Sistem kerja Bookstart Indonesia mengadopsi skema serupa yang diterapkan oleh jaringan Bookstart di seluruh dunia yang mengacu pada Bookstart UK.

Program Bookstart Indonesia saat ini didanai secara swadaya oleh para perintis dan penggeraknya serta donasi yang tidak mengikat dari masayarakat. Bentuk-bentuk kerjasama dengan instansi pemerintah daerah maupun pemerintah pusat yang terkait sedang diusahakan untuk kegiatan-kegiatan Bookstart Indonesia ke depan. Selain itu, Bookstart Indonesia juga membuka diri terhadap kerjasama dengan perusahaan swasta melalui berbagai skema PKBL (CSR).

Diproyeksikan ke depan, perusahaan-perusahaan penerbitan buku anak dan toko buku juga akan menjadi sponsor dan mitra strategis program nasional ini.

Penyampaian paket buku dan materi penyuluhan pentingnya penanaman cinta buku pada orang tua balita dilakukan melalui kerjasama dan koordinasi dengan berbagai PAUD, perpustakaan, rumah baca komunitas, lembaga sosial maupun komunitas-komunitas lokal (seperti PKK dll.). .