Riset


Bookstart terbukti membawa perubahan!

Bookstart Indonesia belum memiliki data untuk menarik suatu kesimpulan. Akan tetapi data dari 22 tahun pelaksanaan Bookstart Inggris Raya perlu disampaikan di sini agar kita semakin paham manfaat dari menanamkan cinta baca pada anak.

Anak-anak Bookstart tidak saja lebih siap memulai sekolah, tetapi mereka mampu untuk mempertahankan keunggulan tersebut sepanjang tahun pertama di pendidikan dasar mereka.Professor Barrie Wade and Dr Maggie Moore, 2000

Kebiasaan membacakan buku, cerita, menyanyi dan bersajak membantu membangun keterampilan pra-baca. Aktivtas-aktivitas tersebut juga merupakan waktu dan kesempatan istimewa untuk membangun hubungan yang kuat dan dekat dengan anak-anak kita.

 

Bukti efektifitas Bookstart

Bahkan di usia yang sangat belia, manfaat Bookstart sangat jelas

Dari Hasil penelitian Wade dan Moore, anak-anak yang menerima paket Bookstart pada usia 2 – sampai 3 tahun jika dibandingkan dengan sampel anak yang tidak menerima paket Bookstart.

may1Anak Bookstart vs anak non-Bookstart

  • 68% anak Bookstart menganggap bahwa melihat buku-buku sebagai salah satu aktfitas favorit mereka (non-Bookstart = 21% )

Orang tua yang anaknya menerima paket Bookstart

  • 75% mengatakan mereka membeli buku sebagai hadiah untuk anak mereka (non-Bookstart = 10%).
  • 83% membaca keseluruhan tekx buku (non-Bookstart = 34%).
  • 64% membicarakan cerita yang ada di buku, (non-Bookstart = 24%)
  • 43% mengajak anak untuk terlibat dalam cerita, (non-Bookstart = 27%).
  • 68% mendorong anak untuk menebak jalannya cerita, (non-Bookstart = 38%).

Selain berbagi lebih banyak buku, keluarga yang terlibat Bookstart juga memiliki interaksi yang lebih kaya dengan anak-anaknya.


Memulai sekolah secara mengesankan

Manfaat bookstart juga terasa saat anak memasuki usia sekolah

Professor Barrie Wade and Dr Maggie Moore meneliti sekelompok anak yang penerima paket Bookstart saat mereka memulai sekolah dasar dan membandingkan mereka deengan sekelompok anak lain yang tidak menerima paker serupa.

 

Pada saat mulai sekolah, anak-anak Bookstart lebih maju dibandingkan rekan sekelasnya dalam semua penilaian Membaca dan Angka.

Saat usia 7 tahun anak-anak Bookstart masih unggul dalam pembelajaranProf. Barry Wade & Dr. Maggie Moore, 2009

*) diterjemahkan dan diadaptasi dari Bookstart UK