FAQ


Temukan jawaban dari pertanyaan yang paling sering ditanyakan

Karena keterbatasan sumber daya, untuk sementara waktu kami hanya akan membagikan berbasis event. Event pembagian buku sekaligus penyuluhan pentingnya membacakan buku/cerita buku pada anak diselenggarakan berdasarkan ketersediaan relawan lapangan dalam jaringan Bookstart Indonesia. Mohon do’arestunya agar kami memiliki kapasitas untuk menjangkau anak-anak Indonesiasecara lebih luas.
Di tahap ini, pendanaan program-program kami sepenuhnya diperoleh dari donasi pengurus, perintis dan sponsor individu Bookstart Indonesia. Sedang diupayakan beberapa kerjasama dengan lembaga-lembaga funding melalui skema PKBL perusahaan swasta yang sifatnya tidak mengikat serta partnership dengan instansi pemerintah terkait.

Kami berkomitmen untuk tidak menerimapendanaan dari :

  • perusahaan
    • alkohol,
    • rokok,
    • ataupun partai politik.

Mengadopsi model di United Kingdom (UK-Ingris), gerakan ini diharapkan akan menjadi aksi nyata public/private partnership.

Manfaat utama dari model ini adalah kemampuannya untuk memanfaatkan dana CSR dan dana masyarakat secara lebih optimal bagi kemajuan bangsa Indonesia daripada harus dikelola oleh negara. Di Inggris gerakan ini didanai 25% oleh negara (pembayar pajak) dan 75% dari kerjasama dengan berbagai perusahaan dan donasi masyarakat lainnya.

Idealnya kami tidak menerbitkan buku sendiri. Akan tetapi karena langkanya buku berkualitas yang sesuai untuk bayi dan anak-anak balita ada kemungkinan kami akan menerbitkan buku sendiri di tahap-tahap awal ini. Akan tetapi kami mengundang para penerbit buku anak untuk mengusulkan buku-buku terbitannya kepada kami untuk dipertimbangkan. Selain buku bacaan di dalam paket Bookstart juga berisi beberapa item lain seperti leaflet danbuku petunjuk orangtua di mana komponen tersebut disediakan oleh Bookstar Indonesia.

Kamimemiliki panel tim ahli independen dari berbagai universitas yang merupakan pakar Early childhood education dan Psikologi perkembangan yang akan menyeleksi buku-buku dari usulan penerbit. Beberapa kriteria seperti :

  • memiliki daya tarik sebagai bacaan anak,
  • merangsang rasa ingin tahu
  • merangsang imajinasi
  • Positif

Selain itu kami sangat peduli dengan kesehatan emosional dan psikologis anak,sehingga topik cerita, materi cerita akan kami seleksi betul agar tidakmembahayakan anak-anak.